Headlines News :
Home » » Cara mengatasi susah tidur Imsomnia

Cara mengatasi susah tidur Imsomnia

Written By Unknown on Friday 28 September 2012 | 20:59

Cara mengatasi susah tidur ImsomniaCara mengatasi susah insomnia | mungkin maksud anda Cara mengatasi susah tidur dengan oabat atau cara agar cepat tidur dan cara agar tidak susah tidur | www.asalberbagi.com kali share tips tentang mengatasi insomnia.  Imsmnia atau yang biasa kita sebut dengan susah tidur merupakan suatu hal  yang mempunyai banyak dampak negatif , termasuk saya sendiri dulu sangat susah tidur karena di perngaruhi banyak faktor salah satunya terlalu banyak berfikir dan sering tidur diatas jam 3 subuh . Namun hal itu berakhir ketika saya kembali ke kampung saya ,dikarenakan dikampung saya belum ada jaringan internet di rumah maka saya cepat tidur walaupun mata belum tertutup tapi semua suara hening akhirnya bisa membuat saya tertidur dengan cepat .

http://infotipsbaru.blogspot.com/2012/09/cara-mengatasi-insomnia-susah-tidur-secara-alami.html


Salah satu faktor yang biasa membuat saya tidak bisa cepat tidur yaitu rasa "ketakutan" dan was was di kamar yang saya tempati sendiri . Karena tidak ada orang menemani akhirnya fikiran macam macam tentang horor kadang muncul dan membuat saya susah untuk tidur . Hal lainya yang biasa membuat saya susah tertidur yaitu cahaya lampu , ketika saya matikan saya biasanya cepat tidur , tapi karena ketakutan akan sedikit gelap fikiran horor muncul kembali akhirnya saya tidak jadi "mematikan lampu" .

Itulah pengalaman insomnia yang saya alami sendiri , dan mungkin saya dan anda mempunyai pengalaman yang sama dan mempunyai faktor yang sama yang mengakibatkan anda susah untuk tidur . Tapi kali ini ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mencegahnya yaitu sebgai berikut :

1.    Lakukan aktivitas menyehatkan di siang hari
Sebisa mungkin, luangkan waktu untuk beraktivitas fisik yang menyehatkan seperti berolahraga di siang hari. Menurut Chris Kline, PhD, ilmuwan dari Fakultas Kedokteran University of Pittsburgh yang mempelajari efek olahraga terhadap tidur, ;atikan fisik bahkan dalam porsi moderat ditambah dua sesi latihan otot terbukti mampu memperbaiki kesulitan tidur di kalangan perempuan. Olahraga dapat mengurangi tingkat kecemasan dan depresi serta membantu mengatur suhu tubuh. Dan perlu juga anda ketahui bahwa ketika kita telah lelah berolahraga maka kita akan cepat tertidur.

2.    Dua jam sebelum tidur
Dua jam sebelum tidur biasakan untuk menurunkan intensitas cahaya kamar Anda. Menurut Michael Terman, PhD, peneliti cahaya dan ritme biologis dari Columbia University Medical Center, mematikan lampu kamar merupakan upaya memberikan sinyal kepada tubuh bahwa  waktu tidur sudah tiba. Dan hali ini sangat mampu mampu membuat kita cepat terlelap.

Selain itu ternyata Jenis bola lampu juga dapat memengaruhi mudah tidaknya seseorang untuk cepat  tertidur, kata Terman. Cahaya putih yang dingin dan terang seperti lampu neon yang berisi komponen biru yang signifikan, adalah jenis cahaya yang bisa mengganggu waktu tidur anda . "Cahaya biru,  lebih daripada warna lain dalam spektrum cahaya, dapat menekan tubuh melepaskan melatonin, hormon yang membuat kita mudah mengantuk," katanya.


3.  Satu jam sebelum tidur
Turunkan intensitas cahaya pada layar gadget atau televisi bila Anda memang sedang menonton siaran atau membuka alat elektronik lainnya.  Bila Anda tak mampu melepas kebiasaan menonton tv atau membuka gadget, pastikan untuk menurunkan intensitas cahaya sehingga tidak terlalu terang. Anda juga dapat menginstal sebuah program yang disebut f.lux pada laptop  untuk secara otomatis mengurangi tingkat cahaya menjadi lebih gelap. Hal ini begitu direkomendasikan karena dengan bebrbagai perangkat gadget , tv anda yang memnyinarkan cahaya bisa membuat anda tidak mengantuk melainkan anda lebih tertarik untuk memainkanya , atau melihatnya

4.   Setengah jam sebelum tidur
Para ahli merekomendasikan Anda untuk membaca artikel atau buku-buku ringan dengan pencahayaan yang redup. Cara ini diyakini dapat membantu anda tertidur dengan cepat. Hal ini pernah saya lakukan tetapi dengan membaca ayat ayat alqur'an . Selain mampu menyejukkan hati , juga menambah pahala dan mampu mengusir jin dan syaitan yang ada di kamar anda .

Imsomnia memang memerlukan waktu yang terkadang lama untuk memulihakanya , tapi dengna keseriusan menjalankan "4 langkah" diatas serta dengan do'a saya yakin bagi anda yang terkena penyakit susah tidur pasti bisa mengatasinya dengan baik dan benar . Semoga artikel Cara mengatasi susah tidur Imsomnia bisa membantu anda mengatasi masalah anda sekian dari saya dan terima kasih .



Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Lebih baik Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger